Image result for sakit saat menstruasi femometer

Pada saat anda memasuki fase menstruasi tentunya bukan hanya perut anda saja yang terasa sakit , anda juga pastinya pernah mengalami sakit pada bagian punggung hal itu juga merupakan tanda-tanda fase memasuki masa menstruasi, kemudian sakit kepala atau migrain. Rasa sakit saat menstruasi  umumnya di bagian perut biasanya disebut dengan istilah disminore yang artinya kram atau sakit saat menstruasi. Namun, apakah anda tahu penyebabnya? 

Penyebab dari semua rasa sakit itu karena adanya hormone yang biasa disebut hormon prostaglandin. Nyeri perut saat menstruasi terjadi karena kontraksi yang ada di dalam rahim atau kandungan. Kemudian, kontraksi otot rahim tersebut dipicu oleh hormon prostaglandin, yang akan meningkat tepat sebelum menstruasi dimulai. Sehingga terjadilah kram atau sakit pada bagian perut ataupun di punggung. Namun, hal ini merupakan hal yang lumrah di kalangan perempuan.

Biasanya sakit saat menstruasi bisa diatasi dengan singkat tanpa obat. Namun, ada juga sebagian wanita yang mengalami sakit atau kram pada bagian perut yang berlebih. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya penyakit pada rahimnya. Biasanya wanita yang mengalami keram yang berlebih tidak bisa melakukan aktivitas apa-apa, sebagian wanita beresiko mengalami sakit yang berlebih karena volume haidnya yang terlampau banyak, kemudian mengalami obesitas atau kelebihan berat badan sehingga sangat dianjurkan untuk pengidap obesitas bisa mencapai berat badan yang ideal, selanjutnya ada juga yang beresiko mengalami sakit saat menstruasi yang berlebih ini karena sudah memasuki fase menstruasi sebelum usia 11 tahun.

Sakit saat menstruasi yang berlebih biasanya terjadi pada wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Siklus haid yang tidak teratur biasanya berjarak antara 1 bulan bahkan bisa sampai berjarak 3 bulan. Untuk mengetahui siklus haid yang teratur anda bisa menggunakan alat Femometer yaitu alat untuk mencatat atau mengukur jarak menstruasi anda dengan tepat , tanpa cara yang manual.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top