Cara Menjaga Saluran Pencernaan Anda Tetap Sehat 
Kinerja saluran pencernaan yang lamban dapat berdampak negatif terhadap kesehatan seluruh tubuh. Jadi penting untuk belajar bagaimana menjaga agar sistem pencernaan Anda tetap sehat. Sayangnya, gaya hidup yang sibuk membuat beberapa orang memilih makanan cepat saji. Jika Anda ingin mengoptimalkan pencernaan, ketahui apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan.

Tapi, selain usaha tersebut, Anda juga butuh susu untuk melengkapi kebutuhan gizi dalam perawatan saluran pencernaan. Dancow yang mengandung nutrisi penting dan juga bakteri baik untuk tubuh bisa mengoptimalkan kerja saluran pencernaan Anda. Sistem pencernaan bertanggung jawab untuk mencerna makanan yang kita konsumsi dan membentuk keseimbangan bakteri di dalam saluran pencernaan.
Cara Menjaga Saluran Pencernaan Anda Tetap Sehat
Bila tingkat ini seimbang, saluran pencernaan yang sehat melindungi sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan pertahanan alami tubuh. Tak hanya itu, kesehatan pencernaan juga menawarkan manfaat penurunan berat badan dengan memastikan bahan limbah yang tidak diinginkan secara efisien dikeluarkan dari tubuh. 

Akibatnya pun membantu memberi energi pada tubuh dan pikiran. Inilah yang tidak boleh dilakukan untuk pencernaan.

1. Jangan makan terlalu cepat
Pastikan Anda mengunyah makanan sepenuhnya sebelum menelan. Para ahli merekomendasikan sekitar 20 kunyahan per gigitan. Produksi air liur mengeluarkan enzim pencernaan yang kuat, dan penelitian juga menunjukkan bahwa semakin Anda mengunyah makanan Anda, semakin sedikit Anda makan.

2. Jangan terlalu lama memasak sayuran Anda
Sayuran mentah mengandung banyak nutrisi yang bisa hilang saat proses memasak. Usahakan membatasi waktu memasak sebanyak mungkin untuk melestarikan beberapa nutrisi ini, yang membantu proses pencernaan.

3. Jangan makan buah dengan makanan lain
Buah membutuhkan sedikit waktu untuk dicerna sehingga mengonsumsi buah dan jenis makanan lainnya berarti membuat semua itu tertinggal di perut lebih lama. Itu dapat menyebabkan kondisi perut menjadi kembung. Makan buah pada saat perut kosong seperti kudapan di siang hari atau tunggu minimal 30 menit setelah selesai makan.

4. Jangan minum air dingin sebelum atau selama makan Anda
Sudah menjadi kebiasaan umum untuk minum di waktu makan tapi ini sebenarnya sangat mengganggu pencernaan karena cairan pencernaan yang encer mempengaruhi asam lambung. Cairan dingin memperlambat pencernaan. Usahakan minum 30 menit sebelum makan dan 15-30 menit setelah makan.

5. Jangan makan berlebihan larut malam
Makan malam bisa berdampak negatif pada berat badan dan metabolisme saat berinteraksi dengan produksi hormon melatonin. Usahakan menghindari makan dalam dua jam sebelum tidur.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top