Permainan olahraga tradsional Indonesia memang bisa dibilang cukup beragam dan banyak sekali jenisnya. Hampir di setiap daerah memiliki permainan – permainan olahraga yang khas dan bahkan sudah dikenal oleh banyak orang. 

Bahkan beberapa diantaranya sudah menjadi cabang yang turut di pentaskan di dalam kompetisi olahraga sekelas Asean Games. Penting bagi setiap masyarakat untuk bisa mempertahankan kebudayaan tersebut sebagai nilai budaya bangsa dan negara. Berikut akan saya paparkan beberapa jenis permainan olahraga khas nusantara yang sudah dikenal oleh banyak orang hingga ke mancanegara.

1 . Pencak Silat

Pencak silat sendiri merupakan suatu permainan olahraga tradisional yang bahkan sudah dipentaskan pada event – event besar kompetisi olahraga dunia. Para pemainan pencak silat asal negara kita sendiri merupakan pemain – pemain yang berbakat dan tentunya sudah mendapatkan berbagai macam penghargaan bergengsi. Pencak silat sendiri merupakan salah satu cabang olahraga atau suatu kesenian tradisional yang ada di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Pencak silat sendiri bahkan salah satu cabang olahraga dan pertunjukan kesenian yang sering digelar setiap tahunnya melalui event besar maupun event – event kecil di daerah – daerah.

2 . Karapan Sapi

Permainan yang satu ini merupakan salah satu permainan yang berasal dari daerah Madura. Kebudayaan karapan sapi sendiri bahkan menjadi salah satu daya tarik sendiri bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Bahkan tidak sedikit juga para turis dari mancanegara yang tertarik menyaksikan acara tersebut. Dalam permainan ini, pada nantinya sepasang sapi akan menjadi salah satu sarana untuk ditunggangi oleh seorang joki. Yang mana pada nantinya sepasang sapi tersebut akan balapan dengan sepasang sapi lainnya sejauh 100 meter.

3 . Sepak Takraw

Sepak takraw adalah salah satu permainan yang unik dan sama seperti pencak silat yang telah masuk ke dalam salah satu cabang olahraga yang dipentaskan di acara sekelas Sea Games dan acara olahraga besar lainnya. Olahraga ini menurut kabar sejarahnya berasal dari Sulawesi Selatan yang sudah ada pada masa Kesultanan Malaka. Permainan menggunakan bola yang terbuat dari rotan dengan permainan yang sama seperti bola voli.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top