menjaga kehamilan

Saat kehamilan di bulan – bulan pertama yaitu antara minggu ke 1 hingga minggu ke 4, kondisi kandungan sangat sensitive dan rentan mengalami keguguran. Sebaiknya, ibu hamil beserta orang – orang di sekelilingnya harus benar – benar menjaga kehamilan dengan sangat intensif. Kehamilan di bulan pertama merupakan masa – masa dimana sang ibu mengalami perubahan yang cukup signifikan. Emosi terkadang menjadi tidak terkendali, banyak keinginan yang bisa dibilang sangat mustahil bisa diwujudkan, kondisi tubuh yang kurang stabil dan gejala – gejala lainnya yang cukup mengganggu sang ibu. Ibu hamil disarankan tidak boleh melakukan pekerjaan – pekerjaan yang terlalu berat, mengingat kondisi kandungan belum begitu stabil.
Menjaga kehamilan di masa – masa seperti ini wajib dilakukan dengan sangat ekstra. Ingat, kehamilan selain membawa dampak yang menyenangkan bagi sebuah keluarga, bisa juga dari kehamilan tersebut malah akan mengakibatkan sesuatu yang sangat tidak diinginkan oleh seluruh anggota keluarga. Angka kematian ibu dan bayi saat ini masih sangat tinggi, sehingga ibu hamil diharuskan menjaga kehamilannya demi keselamatan dirinya dan bayinya. Memang, jika bicara tentang kematian, itu semua sudah takdir dan ketetapan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Namun, setidaknya kita sudah melakukan usaha yang maksimal untuk meminimalisir segala resiko terburuk yang akan menimpa ibu hamil dan bayinya.
Menjaga kehamilan di bulan pertama bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa bentuk usaha menjaga kehamilan di bulan pertama yaitu sebagai berikut :
1. Minggu ke 1 dan ke 2. Pastikan Anda telah menjadwalkan kunjungan prakonsepsi dengan gen untuk menentukan risiko penyakit genetik, bahaya lingkungan, dan perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk memastikan kehamilan dan bayi yang sehat. Yang paling penting, pastikan Anda sudah mulai mendapatkan asupan 0,4 miligram, atau 400 mikrogram, asam folat per hari. Asam folat diambil beberapa bulan sebelum konsepsi dan telah terbukti secara dramatis mengurangi cacat tabung saraf seperti spina bifida

2. Minggu ke 3 dan ke 4. Cobalah untuk makan sehat, yang berarti memilih berbagai makanan dari kelompok makanan yang dianjurkan dan minum setidaknya enam sampai delapan 8-ons gelas air sehari. Tapi Anda tidak benar-benar perlu untuk “makan untuk dua,” Anda hanya memerlukan 300 kalori ekstra per hari selama kehamilan. Dan jangan khawatir jika asupan makanan Anda turun di awal karena morning sickness. Jika Anda sudah makan yang benar sudah, bayi Anda akan mendapatkan apa yang dibutuhkan.

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Top