Diabetes merupakan penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang, tapi meski begitu tetap saja masih ada orang yang menyepelekan penyakit tersebut. makan makanan yang sembarangan sehingga tidak menjaga berat badan bisa memicu terjadinya penyakit tersebut. kurang berolahraga pun memungkikan kita terkena penyakit tersebut. Oleh karena itu sebaiknya jika anda ingin terhindar dari penyakit diabetes, sebaiknya mulailah mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga rutin berolahraga. Ada beberapa cara mencegah diabetes, salah satunya yang sederhana yaitu dengan berolahraga.

Berolahraga secara rutin tidak hanya akan mencegah penyakit tersebut, tapi juga bisa mencegah berbagai penyakit yang lainnya seperti penyakit jantung. Lalu olahraga seperti apa yang bisa dilakukan? Ada dua kegiatan latihan olahraga yang bisa dilakukan yaitu latihan aerobik dan latihan ketahanan atau kekuatan.

Latihan Aerobik. Ketika nafas anda terengah engah dan membuat jantung cepat berdetak, itulah aktivitas olahraga yang sangat dianjurkan. Dengan latihan aerobic seperti berenang, jogging, futsal, badminton dan berlari maka kondisi tersebut bisa anda dapatkan. Tidak hanya diabetes yang bisa dicegah dengan melakukan latihan aerobic tersebut, latihan tersebut juga bisa mencegah yang namanya penyakit jantung yaitu penyakit mematikan yang ditakuti oleh semua orang.

2 Jenis Olahraga yang bisa Mencegah Diabetes

Latihan Ketahanan. Latihan ketahanan ini yaitu yang berhubungan dengan gravitasi. Maksudnya, beberapa latihan sederhana seperti push up, sit up, pull up, angkat beban, tarik beban,dan lain sebagainya. latihan seperti ini efeknya akan cepat terlihat daripada latihan aerobic. Manfaat yang paling menonjol yang didapatkan dari latihan ketahanan ini yaitu badan terasa kekar, otot menjadi kencang dan berisi juga badan menjadi ideal karena proses latihan ini sekaligus bisa membakar lemak.

Menyinggung dari pembakaran lemak, jika lemak dalam tubuh tidak bisa dikonversikan menjadi sebuah tenaga , maka lemak tersebut akan menumpuk dan kegemukan tidak bisa dihindari lagi. Hal ini juga berhubungan dengan pola makan yang tidak teratur dan sembarangan.

Untuk itu kenapa olahraga itu sangat penting dilakukan secara rutin, karena merupakan salah satu cara mencegah diabetes yang efektif. Juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat serta ideal karena lemak di dalam tubuh bisa dibakar dan dikonversikan menjadi sebuah energy.

Advertisement

1 komentar:

 
Top