Kadar gula dalam darah sudah seharusnya kita jaga, supaya tidak berdampak buruk pada kesehatan. Dampak buruk yang dihasilkan adalah timbulnya penyakit diabetes. Akibat yang ditimbulkan oleh penyakit ini bermacam-macam diantaranya glukoma atau kebutaan, jika terluka susah untuk sembuh mengering. Meningkatnya kadar gula dalam darah sangat dipengaruhi oleh makanan yang kita konsumsi. Makanan untuk gula darah tetap aman sebenarnya sangat banyak dan mudah didapat. Berikut makanan untuk menjaga gula darah.
Macam-macam Makanan untuk Menjaga Gula Darah Tetap Aman

Pertama bawang putih atau garlic. Bawang ini sangat mudah ditemukan di dapur kita dan pada umumnya sering digunakan sebagai bumbu. Aromanya yang khas membuat makanan yang dibumbui dengan bawang ini terasa nikmat. Bumbu yang satu ini dapat menurunkan jumlah kolesterol dan gula dalam darah. Ada beberapa cara untuk mengkonsumsi bawang ini bisa dicampur pada makanan sebagai bumbu masak atau dimakan mentah. Dimakan mentah seperti dibuat sebagai sambal mentah, bawang merah dan bawang putih digerus halus ditambah sedikit garam lalu dimakan dengan tempe atau tahu.

Kedua kayu manis atau cinamon. Kayu manis merupakan rempah-rempah yang mudah didapat baik di supermarket ataupun di warung. Kayu manis sering digunakan sebagai bumbu masak atau menjadi pelengkap pemberi aroma seperti pada kolak atau bubur kacang hijau. Ekstrak kayu manis dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Ketiga bayam. Makanan untuk gula darah berikutnya adalah bayam. Sayuran berwarna hijau ini tidak sulit untuk ditemukan di daerah kita. Mulai supermarket sampai pasar tradisional menyediakan sayuran hijau yang satu ini. Selain harganya yang terjangkau karena relatif murah, ternyata manfaat yang diberkan sangat banyak diantaranya dapat menjaga kadar gula agar tidak cepat naik. Hal ini disebabkan kandungan serat yang dimilikinya cukup tinggi.

Keempat alpukat atau avocado. Alpukat merupakan buah-buahan berwarna hijau dan daging buah berwarna sama sangat lezat rasanya. Kandungan lemak tak jenuh sangat bermanfaat bagi tubuh. Si avocado ini ternyata mampu mencegah penyakit diabetes dengan menjaga kadar gula dalam darah.

Makanan tersebut di atas sbaiknya dikonsumsi dalam kondisi segar seperti alpukat dan kalaupun harus dimasak masaklah sebentar saja.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top