Si Kecil yang gemuk biasanya terlihat lebih menggemaskan dan lucu. Namun sayangnya, si Kecil yang gemuk bukan tanda bahwa mereka tumbuh dengan sehat. Pasalnya, kegemukan yang dialami si Kecil bisa berisiko pada obesitas yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Bunda untuk terus memantau berat badan anak 2 tahun secara berkala.

Cara menghitung Indeks Massa Tubuh atau IMT yaitu dengan rumus IMT = berat badan (kg)/(tinggi badan)2 (m). Pada umumnya IMT anak laki-laki berumur 2 tahun adalah 13,6-18,5. Sedangkan anak perempuan yaitu 13,1-18,4. Apabila si Kecil memiliki IMT di atas angka tersebut maka bisa dikatakan mereka mengalami kegemukan. Menurut ahli gizi Rita Ramayulis, ada 3 formula yang mampu menjaga berat badan si Kecil tetap ideal, diantaranya yaitu:

Move atau Gerak

Gerak merupakan proses penting untuk menjaga tulang dan otot si Kecil yang terus berkembang. Jika si Kecil aktif dan banyak bergerak maka tulang dan ototnya bisa tumbuh dengan maksimal. Jadi energi dari tubuhnya lebih banyak terpakai oleh gerak tersebut.

Model atau Mencontoh

Di usia 2 tahun, si Kecil masih belum bisa menyaring apa yang ia lihat. Jadi semua yang mereka lihat akan ditiru. Oleh sebab itu, Bunda harus memberikan contoh yang baik dalam hal makanan maupun gerak. Sebagai contoh yaitu makan sayur-sayuran di depan anak.

Meet

Meet ini yaitu bertemu dengan teman kemudian mencoba untuk makan-makanan yang bergizi dan rendah lemak. Pada umumnya, anak akan lebih suka menyantap makanan apabila dilakukan bersama teman.

Itulah saran untuk mendapatkan berat badan anak 2 tahun yang ideal. Tips-tips di atas diberikan karena menjaga berat badan ideal pada anak tidak bisa hanya dengan mengurangi porsi makannya. Pasalnya, si Kecil masih sangat membutuhkan nutrisi dari makanan dan minuman yang ia konsumsi. Selain itu, Bunda juga bisa memberikan susu pertumbuhan pada si Kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya berjalan optimal.

Dancow Growing Up Milk atau GUM tersedia dalam 3 tahapan usia diantaranya yaitu Dancow 1+ untuk 1-3 tahun, Dancow 3+ untuk 3-5 tahun, dan Dancow 5+ untuk 5 tahun ke atas. Dengan Nutritods dan berbagai kandungan gizi dan nutrisi maka kebutuhan nutrisi setiap hari si Kecil bisa terpenuhi. Lebih lengkapnya mengenai produk Dancow GUM bisa Anda lihat di website dancow.co.id.


Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top