cemilan sehat yang bergizi
 Ketika menginjak usia balita tentu anak-anak akan bergerak lebih aktif seiring dengan perkembangannya, oleh karena itu mereka membutuhkan pasokan energi yang lebih banyak. Secara umum sumber pasokan energi yang paling utama berasal dari makanan sehat. Namun disamping itu ternyata energi juga dapat dihasilkan dari cemilan sehat yang bergizi.

Cemilan sehat yang bergizi sangat membantu anak ketika mereka dilanda rasa lapar di luar jam makan. Namun terkadang orang tua  kurang selektif dalam memilih camilan yang sehat  untuk anak-anak. Sehingga tak jarang camilah yang dikonsumsi oleh si kecil tidak jelas nutrisinya dan jauh dari kata sehat.

Nah agar camilan yang buah hati anda konsumsi benar-benar sehat dan bergizi, maka perhatikan kriterianya sebagai berikut:

1. Tidak mengandung 3P (pewarna, perasa, pengawet)


Salah satu ciri-ciri dari camilan sehat adalah tidak mengandung 3P, yaitu pewarna, perasa, dan pengawet. Zat pewarna dan pengawet pada cemilan akan mengganggu kinerja enzim dalam pencernaan. Sehingga dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan si kecil. Jika memang anda membutuhkan pewarna atau perasa, maka anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti buah dan sayur.

2. Punya kandungan  nutrisi yang baik


Memiliki kandungan nutrisi yang baik tentu menjadi komponen penting ketika anda memilih camilan untuk si kecil. Pilih camilan yang memiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi. Selain itu penuhi kebutuhan gizi serta mineral si kecil untuk mendukung tumbuh kembangnya.

3. Atur jam makan cemilan


Sebaiknya anda memberikan cemilan yang sehat untuk si kecil  dua sampai tiga kali sehari. Yakni antara makan pagi dan siang serta antara makan siang dan makan malam. Jangan memberikan cemilan  terlalu dekat dengan jam makan utama, sebab hal ini bisa mengakibatkan si kecil merasa kenyang dan nafsu makan utamanya menjadi berkurang.

4. Lebih baik membuatnya sendiri


Tidak semua camilan si kecil yang dijual di pasaran itu sehat lho. Sebab anda tentu tidak pernah tau bahan apa saja yang terkandung didalamnya. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda membuat sendiri cemilan untuk si kecil.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top