Belajar Fotografi
Saat ini, fotografi tidak hanya menjadi bidang pekerjaan seseorang melainkan bagian dari hobi yang ingin terus digeluti. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang rela membeli kamera untuk menyalurkan hobi tersebut meskipun belum memiliki ilmu fotografi. Nah, bagi Anda yang belajar fotografi pun harus mengetahui istilah dasar kamera agar bisa menggunakannya dengan optimal. Kira-kira apa saja dasar-dasarnya? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Belajar Fotografi


1. Kecepatan Rana (Shutter)


Kecepatan rana ini berkaitan dengan waktu pencahayaan. Istilah gampangnya, kecepatan rana yaitu waktu yang dibutuhkan ketika rana terbuka sehingga cahaya dapat memasuki sensor gambar. Jadi, semakin cepat kecepatan rana tersebut maka jumlah cahaya yang masuk ke kamera juga akan semakin sedikit. Kecepatan rana sangat berpengaruh dalam pengambilan gambar objek yang bergerak.

2. Aperture

Bagi Anda yang ingin menghasilkan foto bokeh maka wajib memainkan aperture pada kamera. Aperture adalah sebuah istilah yang digunakan untuk mengontrol jumlah cahaya masuk ke lensa. Aperture disimbolkan sebagai f-number. Aperture ini bisa diperlebar atau dipersempit sesuai kebutuhan. Apabila aperture dipersempit maka f-number akan semakin besar maka area yang masuk ke dalam fokus juga semakin luas. Sedangkan jika aperture diperlebar (f-number semakin kecil) maka area fokus semakin kecil sehingga mampu menghasilkan bokeh yang semakin besar.

3. Exposure Compensation

Kompensasi pencahayaan (Exposure Compensation) adalah sebuah alat pada kamera yang digunakan untuk mengatur pencahayaan sehingga bisa membentuk gambar dengan kecerahan sesuai keinginan. Pengaturan pencahayaan setiap objek akan berbeda karena setiap objek memiliki daya pantul yang berbeda-beda. Anda bisa menggunakan kompensasi pencahayaan negatif jika subjek tidak memiliki kemampuan memantulkan cahaya dengan baik atau sebaliknya. Exposure compensation pada sebagian besar kamera berkisar antara EV -5,0 hingga +5,0.

4. Menetapkan Fokus

Penetapan fokus merupakan bagian penting agar bisa menangkap objek yang diinginkan dengan tepat sehingga orang lain bisa mengerti objek apa yang ingin kita tunjukkan. Pada kamera, penetapan fokus terdiri dari AF (autofocus) dan MF (manual focus). Jika Anda menggunakan mode AF maka nantinya kamera akan menentukan fokus dengan sendirinya, sedangkan jika MF maka harus mengatur fokus dengan baik menggunakan tangan. Mode AF ini banyak digunakan oleh pemula, namun kurang ideal untuk beberapa objek.

5. Kecepatan ISO

Hal dasar lainnya yang perlu dipahami terkait kamera dalam belajar fotografi yaitu kecepatan ISO. Kecepatan ISO ini sangat berpengaruh pada kualitas gambar yang dihasilkan. Kecepatan ISO adalah sebuah kemampuan sensor gambar untuk menangkap cahaya. Jika nilai kecepatan ISO tinggi maka kamera akan semakin sensitif terhadap cahaya, namun rentan terhadap adanya noise.

6. Viewfinder

Viewfinder merupakan sebuah jendela kecil untuk melihat objek yang akan ditangkap oleh kamera. Viewfinder ini akan membuat fotografer lebih fokus terhadap objek karena tidak dipengaruhi oleh cahaya eksternal yang dapat mengakibatkan perbedaan persepsi tampilan gambar. Bagian ini hanya dimiliki oleh kamera DSLR.

7. Live View

Live view adalah fitur untuk melihat dan memverifikasi gambar yang ditampilkan pada monitor kamera Anda. Dengan ini, pengguna pun bisa melakukan perubahan warna dan kecerahan untuk mendapatkan keseimbangan yang tepat sebelum melepas rana.

Nah, demikian tadi beberapa hal dasar pada kamera yang perlu diketahui dalam belajar fotografi. Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam termasuk mendapatkan posisi dan sudut yang tepat dalam mengambil gambar bisa bergabung dengan IDS (International Design School).


Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top