Anak adalah sebuah anugerah dan titipan yang sangat berharga bagi kita para orang tua, oleh karena itu sudah sepatutnya jika harus menjaga dan merawatnya dengan sebaik mungkin. Tahap perkembangan anak menjadi sebuah masa terpenting dalam pertumbuhan anak kita, dimana kita sebagai orang tua memegang andil dan peranan yang sangat penting pada masa ini. Apa yang kita berikan, apa yang kita lakukan, dan apa yang kita tunjukan pada anak dalam masa ini adalah sebuah pembelajaran yang sangat berarti bagi mereka, dimana anak belajar dari apa yang dilihat, didengar dan juga dirasakannya. Oleh karena itu kita sebagai orang tua harus lebih bijak dalam segala sesuatunya, sehingga hal ini dapat membantu kita dalam memaksimalkan tahapan perkembangan dari anak-anak kita.

Tips yang pertama adalah cobalah untuk berinteraksi denga anak kita, baik itu mengobrol, bercerita dan atau mendongeng. Walaupun anak pada masa ini dapat dipastikan belum dapat memahami seluruh hal yang kita sampaikan, namun hal ini tetap menjadi sebuah hal yang sangat penting yang harus dilakukan. Perlu kita ketahui bahwa dengan melakukan interaksi baik itu berupa obrolan-obrolan ringan, dongeng dan juga lainnya dapat membantu kita sebagai orang tua untuk memaksimalkan tahap perkembangan anak. Hal ini dimungkinkan karena anak akan dapat menerima banyak input dari apa yang di dengarnya, dan hal ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan tingkat kecerdasan anak karena anak akan dapat menyimpan banyak kosa kata yang diterimanya sehingga anak tumbuh menjadi seseorang yang lebih cerdas. Untuk memaksimalkannya anda dapat juga membantunya dengan memberikan asupan nutrisi terbaik bagi anak, seperti halnya memberikan susu dancow pada anak susu yang dapat membantu proses pertumbuhan dan perkembangan anak.


Tips yang kedua adalah tidak memarahi anak kita anak melakukan salah. Perlu kita ketahui bahwa anak pada masa ini memiliki gerak yang sangat aktif, hal ini seringkali dapat menyebabkan kita jengkel. Dan tidak jarang juga anak terjatuh dan atau melakukan banyak kesalahan di dalam pencarian jati diri dan juga informasinya. Namun ada baiknya jika para orang tua tidak membentak bahakan memukul anak ketika anak melakukan salah, hal ini dipercaya dapat menurunkan dan mengganggu sikologis anak sehingga dapat menghambat perkembangan anak kita. Beritahu dan nasihati anak dengan cara yang baik, sehingga anak mengerti dan merasa diperhatikan. Semoga dapat bermanfaat.

Advertisement

 
Top