Kelas Internasional Universitas Indonesia adalah salah satu program pendidikan yang membantu terwujudnya predikat UI sebagai International University. Dalam menjalankan program ini, Universitas Indonesia bekerjasama dengan beberapa universitas ternama yang ada di luar negeri sebagai universitas mitra dan memberikan hak terhadap setiap mahasiswa untuk menganyam pendidikan di universitas luar negeri sesuai dengan jurusan yang diambil di UI.


Universitas Indonesia menyediakan kelas internasional untuk beberapa fakultas seperti fakultas kedokteran, fakultas teknik, fakultas ilmu komputer, fakultas psikologi, fakultas kesehatan masyarakat, dan fakultas ekonomi yang menjalin kerjasama dengan universitas mitra UI dan dengan biaya kuliah yang disesuaikan oleh pihak universitas mitra UI sendiri.

Universitas Indonesia bekerjasama dengan beberapa universitas yang ada di Australia seperti Monash University, University of Melbourne, Queensland Universitty of Technology (QUT), The University of Queensland (UQ), Curtin University, The University of Sydney, University of Adelaide, Deakin University dan Griffith University. University of Newcastle upon Tyne (Inggris), University of Duisburg Essen (Jerman), beberapa universitas di Belanda (University of Tilburg, Amstwerdam, Groningen, Vrije University of Amsterdam, Rotterdam University). Dan beberapa universitas di Jepang (Yokohama National University, International University of Japan, Graduate Institute for Policy Studies, Keio University).


Program kelas internasional UI ini bertujuan untuk membangkitakan pendidikan berbasis internasional dengan menyiapkan sumber daya manusia yang memili8ki kapasitas dengan daya asing global. Dalam program ini, para mahasiswa akan menjalankan masa kuliah di Universitas Indonesia dan mengikuti pertukaran pelajar/study abroad di salah satu universitas mitra UI.


Melalui program ini, mahasiswa akan mendapatkan gelar ganda yang didapaktan dari Universitas Indoensia dan Universitas mitra. Selain itu, dengan mengikuti program kelas internasional UI, mahasiswa akan mendapatkan engalaman baru dengan mengenyam pendidikan di universitas luar negeri dan tentu akan mendapat pengakuan dari internasional di bidang pendidikan yang akan berpengaruh baik untuk masa yang akan datang.


Study abroad/pertukaran mahasiswa melalui program kelas internasional ini juga menjadikan Universitas Indonesia sebagai best of international University yang ada di Indonesia.


Advertisement

 
Top