Salah satu pertimbangan penting saat memutuskan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi ialah taksiran biaya yang mungkin dikeluarkan selama menjalani masa studi. Biaya yang dikeluarkan selama kuliah meliputi biaya akademik dan biaya hidup selama kuliah. Biaya akademik yang dimaksud ialah biaya pokok yang dibayarkan kepada pihak perguruan tinggi, biasanya dibayarkan satu semester satu kali, atau ada tambahan biaya lain seperti biaya UAS, SKS, dan lain sebagainya. Beberapa kampus dengan status Perguruan Tinggi Negeri memang dinilai lebih humanis dalam menarif biaya akademik, sehingga wajar saja bila kampus negeri memang menarik banyak peminat. Karena disamping menjanjikan pendidikan yang berkualitas, masalah biaya lebih bisa terjangkau semua kalangan.

Salah satu Perguruan Tinggi Negeri ternama yakni Universitas Indonesia lebih akrab di sebut dengan “kampus rakyat” karena di kampus ini lah banyak masyarakat dari semua kalangan yang memilih untuk melanjutkan study in Indonesia. Masalah biaya di kampus ini lebih humanis sebab pembiayaan kuliah menekankan biaya pendidikan berkeadilan. Pembiayaan kuliah di ui menerapkan sistem Uang Kuliah tunggal (UKT) dan Biaya Operasional Pendidikan, pembiayaan dengan sistem BOP dan UKT merupakan sistem pembiayaan yang nominalnya disesuaikan dengan kondisi keuangan keluarga dan tidak dibebankan biaya lain selain 1 biaya tersebut. Sehingga pembiayaan kuliah di UI hanya terpusat pada satu biaya dalam satu waktu pembayaran, tidak ada biaya tambahan sks, uas, dan lain-lain. Selain itu, bagi yang mendapatkan kursi UI dengan jalur Simak (seleksi mandiri) akan bebas biaya uang pangkal. Adapun untuk biaya hidup selama kuliah dan merantau disekitar UI, masih ada di batas wajar biaya kehidupan sehari-hari selama tidak berlebih-lebihan dalam gaya hidupnya.

Bagi para pelajar yang bermaksud melanjutkan study in Indonesia di UI ini, jangan khawatirkan dengan peluang mendapatkan berbagai beasiswa. Nama Universitas Indonesia merupakan nama yang menjual terhadap berbagai intstansi pemeritah maupun non pemerintah. Sehingga bagi para mahasiswa dan calon mahasiswanya sangat mungkin mendapatkan peluang beasiswa yang beraneka ragam seperti beasiswa Bidik Misi, Beasiswa pengembagan potensi dan aktivis (PPA), bantuan biaya dari pemerintahan daerah setempat, juga beasiswa dari banyak perusahaan yang bekerjasama dengan UI.

Advertisement

 
Top