Tumisan atau oseng menjadi makanan yang paling umum disajikan di kalangan masyarakat Indonesia karena cara memasak yang cepat dan praktis serta nyaris semua bahan masakan dapat kita tumis, mulai dari sayuran hingga daging. Resep masakan Indonesia kali ini akan menghadirkan bagaimana cara memasak tumis brokoli wortel. Sesuai namanya, resep ini menggunakan bahan utama sayuran. Agar semakin menambah citarasa, digunakan pula daging kerang hijau. Untuk bahan-bahannya, sediakan brokoli sebanyak dua ratus gram yang telah dipetiki per kuntumnya, wortel sebanyak seratus gram yang diiris serong serta daging kerang hijau sebanyak seratus gram. Bumbu halus untuk tumisan ini adalah bawang putih sebanyak dua siung dan setengah sendok teh ebi yang diseduh dan disangrai.

Bumbu-bumbu yang diperlukan antara lain adalah bawang bombay sebanyak setengah buah yang diiris panjang, cabe hijau besar sebanyak tiga buah yang dibuang bijinya dan dicincang kasar, tomat merah sebanyak satu buah yang dipotong-potong, air sebanyak dua ratus milliliter, tepung maizena sebanyak satu sendok teh yang dilarutkan dalam satu sendok teh air, minyak sebanyak dua sendok makan untuk menumis, garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya. Panaskan minyak terlebih dahulu kemudian tumis bumbu halus bersama bawang bombay dan cabai hijau hingga tercium bau harum. Tambahkan daging kerang hijau lalu aduk sampai rata.

Masukkan tomat merah dan aduk kembali sampai layu. Masukkan brokoli dan wortel lalu aduk agar merata. Masukkan gula pasir serta garam, aduk rata dan tuang air. Aduk rata kembali dan masak sampai mendidih. Masukkan larutan maizena, lalu masak hingga matang dan bumbu meresap. Angkat dan tumis brokoli wortel telah siap untuk disajikan. Resep masakan Indonesia ini terbilang sederhana. Kita bisa menemukan aneka resep lainnya yang mudah untuk dipraktekkan di website NICI atau Nestle Indofood Citarasa Indonesia. NICI tidak hanya menyediakan resep namun juga aneka tips dalam mengolah bahan makanan serta variasi menu yang akan membuat kita tidak merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Advertisement

 
Top