Terserang penyakit adalah salah satu hal yang memang dapat terjadi kapan saja di mana saja dan kepada siapa saja, tanpa melakukan kompromi terlebih dahulu. Termasuk penyakit yang ditandai dengan sakit perut yang satu ini, diare, yang menjadi penyebab tingginya angka kematian terutama pada balita.
Beberapa Upaya Untuk Mencegah Terjadinya Diare Pada Balita
Usia balita merupakan usia yang tengah menjalani pertumbuhan dan perkembangan segala aspek di dalam tubuhnya. Sehingga wajar adanya apabila mereka rentan terserang bakteri, parasit pembawa penyakit (patogen). Nah, bagi anda yang kini tengah memiliki seorang balita, tentu anda akan merasa begitu khawatir saat si kecil terkena penyakit diare. Sebaiknya untuk dapat menangani secara tepat dan cepat, usahakan untuk tetap tenang dan kemudian berikan obat diare balita sesuai dengan aturan pemakaian dan anjuran dokter. 

Setelah memberikan obat diare balita, selanjutnya berikan asupan cairan untuk mengganti cairan yang hilang dalam tubuhnya, dikhawatirkan si kecil mengalami dehidrasi. Dan tetap memberikan ASI bagi balita yang memang masih membutuhkan. Tak lupa pula untuk memberikan asupan makanan yang bergizi dan kaya akan vitamin, sehingga tubuhnya kembali segar dan kebutuhan gizinya terpenuhi. 

Karena diare yang dialami, akan membuat tubuh menjadi lemas, kemudian pusing, mual, tidak nafsu makan, dan lain sebagainya. Untuk mencegah terjadinya diare pada balita, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh anda sebagai orang tua terhadap sang buah hati. Antara lain sebagai berikut:

1.  Siapkan makanan yang memadai, seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa makanan yang diberikan harus mengandung nutrisi dan sejumlah vitamin. Kemudian terjaga kebersihannya.

2.  Sediakan air minum yang benar-benar bersih, sebaiknya masak air minum sendiri dengan mendidih.

3.  Biasakan untuk mengajarkan anak cuci tangan, termasuk anda sebelum dan sesudah memberikan perawatan kepadanya.

4.  Sediakan tempat sampah yang memiliki penutup dan biasakan untuk membuangnya setiap hari. 

5.  Berantas lalat yang berterbangan di dalam rumah, sehingga tidak menghinggapi makanan yang anda sajikan untuk keluarga.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top