Meski bukan merupakan penyakit yang berbahaya, iritasi mata tentu dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dalam menjalani berbagai aktivitas. Pasalnya, tak jarang iritasi mata dibarengi dengan rasa gatal, perih dan panas yang tentu sangat mengganggu.

Kondisi tersebut biasanya terjadi oleh berbagai hal. Lalu, apa sajakah penyebab umum terjadinya iritasi pada mata? Berikut beberapa diantaranya yaitu:


  1. Virus dan bakteri


Biasanya, virus dan bakteri menjadi salah satu penyebab iritasi pada mata dan akan membuat konjungtiva berwarna kemerahan. Selain itu, mata juga akan berair lebih banyak dari biasanya dan kelopak mata pun terlihat membengkak. 


Jenis virus yang paling sering menjadi penyebab iritasi pada mata adalah Adenovirus. Virus Adenovirus sendiri sebenarnya memiliki banyak tipe, namun untuk mengetahuinya diperlukan tes di laboratorium. 


Selain virus, bakteri juga bisa menyebabkan iritasi pada mata. Gejalanya hampir mirip dengan iritasi mata akibat virus. Namun biasanya iritasi akibat bakteri menyebabkan kotoran mata keluar lebih banyak dari biasanya.


Adapun jenis bakteri yang biasanya menjadi penyebab iritasi pada mata adalah bakteri staphylococcus aureus. 


  1. Lingkungan


Iritasi pada mata juga bisa diakibatkan oleh faktor lingkungan yang bisa membuat mata terasa gatal dan juga kemerahan. Penyebabnya yaitu partikel luar seperti debut, serbuk sari bunga, polusi, asap kendaraan yang masuk ke area mata. 


Oleh karena itu, bagi Anda yang sering beraktivitas diluar disarankan untuk menggunakan kacamata khusus untuk meminimalisir terjadinya iritasi pada mata.


  1. Kelelahan


Selain aktivitas di luar, iritasi mata juga bisa terjadi ketika Anda beraktivitas di dalam ruangan, lho! Biasanya aktivitas dalam ruangan yang bisa menjadi penyebab terjadinya iritasi pada mata yaitu terlalu lama menatap layar komputer, laptop ataupun gadget.


Hal tersebut dapat membuat mata kelelahan sehingga menyebabkan mata terlihat merah dan kering. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengistirahatkan mata di sela-sela waktu bekerja. 


Itulah dia beberapa penyebab terjadinya iritasi mata yang perlu Anda ketahui. Jika kondisi tersebut terjadi pada Anda, segeralah teteskan 2-3 Insto untuk mengatasinya! Semoga bermanfaat!


Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top