Motor Listrik


Motor bertenaga listrik umumnya memiliki perawatan yang sangat mudah dan hemat. Pasalnya, Anda tidak perlu mengganti oli secara rutin seperti motor konvensional. Meskipun begitu, ada beberapa hal penting yang harus Anda pahami mengenai perawatan motor listrik. Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya!

7 Tips dan Trik Merawat Motor Listrik yang Benar

Berikut ini tips dan trik merawat motor bertenaga listrik yang benar:

1. Jaga Kondisi Baterai Motor

Pada motor bertenaga listrik, baterai merupakan salah satu komponen paling penting. Jika baterai tidak bekerja dengan baik, maka motor tidak bisa mendapatkan sumber energi listrik. Pakai charger bawaan pabrik atau charger rekomendasi dari pabrik. 

Selain itu, baca petunjuk pengisian yang tepat. Usahakan tidak mengisi baterai secara berlebihan atau overcharging. Jika sudah penuh, maka Anda harus langsung mencabutnya. Pasalnya, overcharging bisa merusak sel baterai dan memperpendek umurnya. Baterai juga harus berada di suhu yang sejuk dan jauh dari sinar matahari.


2. Periksa Sistem Pengereman

Selanjutnya, Anda perlu memeriksa sistem pengeremannya. Pengeraman berhubungan dengan keselamatan berkendara. Jadi, sangat penting untuk memastikannya selalu dalam keadaan baik. 

Bagian kampas rem harus selalu tebal. Jika sudah tipis, maka Anda harus menggantinya. Periksa juga kondisi cakram rem, apakah bekerja dengan baik atau tidak. Goresan atau deformasi umumnya mempengaruhi fungsi pengereman.


3. Cek Tekanan Ban

Tips dan trik merawat motor listrik selanjutnya yaitu mengecek tekanan ban. Tekanan udara pada ban mempengaruhi keamanan maupun kenyamanan Anda saat berkendara. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh mengabaikannya. 

Lihat rekomendasi tekanan ban dari pabrikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Anda. Selain mempengaruhi keamanan dan kenyamanan, tekanan ban yang tepat juga membuat motor lebih stabil dan efisien dari segi bahan bakar. 


4. Ketahui Cara Menyimpan Motor dengan Benar

Penyimpanan motor juga perlu Anda perhatikan untuk memastikan motor Anda tahan lama. Pastikan menyimpan motor di tempat yang kering, jauh dari debu maupun kotoran. Jika tidak akan memakainya dalam jangka waktu lama, pastikan baterainya masih sekitar 50%. 


5. Perhatikan Kondisi Jalan yang Dilalui

Saat mengendarai motor, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal, salah satunya kondisi jalan. Usahakan untuk berkendara di jalan yang nyaman. Hindari jalan berlubang dan kasar karena mempengaruhi performa motor Anda.

Pasalnya, jalanan yang berlubang dan kasar dapat merusak suspensi maupun komponen tertentu. Jika memang tidak ada jalan lainnya, maka Anda bisa berjalan dengan perlahan dan hati-hati di jalanan tersebut.


6. Sambungkan dengan Aplikasi Tambahan

Sebagian besar motor modern juga terintegrasi dengan aplikasi atau software tambahan. Pastikan Anda menyambungkan motor dengan aplikasi tambahan sesuai brand motor yang Anda pilih.

Anda bisa melihat performa dan kondisi motor melalui aplikasi tersebut. Misalnya seperti kondisi baterai, sisa baterai, dan lain sebagainya. Ada juga tips-tips merawat motor agar tahan lama. 


7. Cek Kondisi Motor Secara Rutin

Tips terakhir, Anda harus mengecek kondisi motor secara rutin. Periksa semua bagian secara rutin. Bukan cuma yang berhubungan dengan performa saja, tapi juga tampilan visual. Misalnya seperti lampu, body, dan lain sebagainya. Selain itu, periksa kabel dan sistem elektrik dari motor. 

Itulah pembahasan mengenai tips dan trik merawat motor listrik yang benar. Belum punya motor bertenaga listrik? ALVA menawarkan dua pilihan motor terbaik yaitu ONE dan CERVO. Spesifikasi, desain, dan juga performa dari kedua motor ini sangat unggul. Jadi, tidak akan membuat Anda merasa kecewa. ALVA ONE dan CERVO juga sudah terintegrasi dengan smartphone untuk memudahkan kegiatan Anda. Yuk, beli secara cash atau kredit sekarang juga!


Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top