Kehamilan merupakan suatu masa dimana sangat memerlukan asupan yang optimal untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat. Salah satu nutrisi yang penting untuk dipenuhi ini yaitu asam folat untuk ibu hamil

Kekurangan asam folat atau vitamin B9 saat kehamilan ini, dapat mengakibatkan permasalahan yang serius pada kesehatan ibu dan perkembangan janin. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang berbagai akibat dari kekurangan asam folat ini, berikut dengan langkah-langkah pencegahannya yang bisa Anda lakukan.    

Akibat Kekurangan Asam Folat Saat Kehamilan

Kekurangan asam folat untuk ibu hamil ini, dapat mengakibatkan berbagai hal sebagai berikut: 

Kelainan Tabung Saraf pada Janin

Dampak yang paling serius dari kekurangan asam folat selama hamil ini adalah, meningkatnya resiko kelainan tabung saraf pada janinnya. Seperti salah satunya adalah spina bifida, yang bisa menimbulkan masalah serius pada sistem saraf serta kecacatan seumur hidup pada anak.  

Anemia Megaloblastik

Kekurangan asam folat juga dapat mengakibatkan anemia megaloblastik pada ibu yang sedang hamil. Anemia ini dapat membuat ibu hamil mudah kelelahan, sesak nafas, dan penurunan kemampuan suplai oksigen ke seluruh tubuh. 

Preeklamsia

Preeklamsia merupakan sebuah kompilasi yang bisa mempengaruhi organ tubuh dan tekanan darah ibu hamil dan janin. Kekurangan asam folat salah satunya bisa menyebabkan preeklamsia ini. Hal ini sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian yang sudah dilakukan oleh para ahli dunia medis. 

Penurunan Pertumbuhan Janin

Kekurangan asam folat bagi ibu hamil dapat mempengaruhi pertumbuhan janin, serta resiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah. Ini bisa berdampak langsung terhadap kesehatan janin ketika baru dilahirkan. 

Langkah Pencegahan

Berbagai langkah pencegahan kekurangan asam folat selama kehamilan ini, bisa Anda simak sebagai berikut:

  • Konsumsi Makanan yang Kaya Asam Folat
  • Menghindari Rokok dan Alkohol
  • Mengkonsumsi Suplemen Asam Folat
  • Melakukan Pemeriksaan Rutin 

Setelah mengetahui berbagai akibat serta langkah pencegahan kekurangan asam folat untuk ibu hamil ini, semoga sahabat MAKUKU bisa melalui proses kehamilan yang sehat dan juga bahagia. 


Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top