oli motor matic

Memilih oli yang tepat untuk kendaraan merupakan hal yang perlu dipertimbangkan. Karena oli sangat berperan penting dalam performa dan kinerja motor. Selain sebagai pelumas, oli motor juga berfungsi sebagai pendingin mesin sehingga tidak mengalami overheat. Kini ada banyak oli motor matic yang bisa kita temui dipasaran, salah satunya ada TOP 1 yang memiliki kualitas baik. Selain merek, ada beberapa jenis oli yang biasa kita gunakan, semua itu dibedakan berdasarkan katergorinya masing-masing, diantaranya:

Berdasarkan bahan dasarnya

oli motor matic

Ada beberapa jenis oli yang bisa kita gunakan berdasarkan bahan dasarnya, seperti oli mineral yang terbuat dari bahan alami hasil bumi dan lebih tahan terhadap penguapan, namun kekentalannya mudah berubah karena tidak tahan terhadap suhu tinggi. Selanjutnya ada oli sintetik yang terbuat dari bahan kimia namun lebih tahan terhadap suhu panas maupun dingin. Dan yang terakhir ada oli semi sintetik yang paling banyak digunakan motor keluaran sekarang.

Berdasarkan fungsinya

Berdasarkan fungsinya oli dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya ada :
  1. Oli mesin, yang merupakan salah satu cairan yang ada di ruang mesin. Pada saat mesin dihidupkan oli ini akan dialirkan ke seluruh komponen mesin oleh pompa oli. Dengan bagitu mesin dapat bekerja secara optimal. Oli jenis ini harus diganti secara rutin untuk menjaga kinerja mesin tetap baik.
  2. Oli rem yang digunakan khusus untuk sistem rem yang mana tidak hanya berfungsi sebagai pelumas saja. Namun juga sebagai media perantara yang mentransmisikan tenaga hidrolik ke seluruh sistem rem. Bisa dibilang oli ini sangat penting untuk diperhatikan agar kendaraan dapat melakukan pengereman dengan baik.
  3. Oli samping, merupakan oli yang digunakan oleh motor matic. Keberadaannya sama pentingnya dengan oli mesin. Oleh karena itu oli samping perlu diperhatikan dengan baik. karena jika tidak mengganti oli ini dengan baik dapat menyebabkan kerusakan pada motor matic anda.

Itulah beberapa jenis oli berdasarkan kategorinya. Semua jenis oli tersebut sangat diperlukan agar motor dapat digunakan secara optimal. Untuk itu pilihlah TOP 1 yang merupakan oli motor matic berkualitas baik.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top