Salah satu jenis zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia agar kebutuhan akan gizi tersebut seimbang adalah protein. Protein termasuk ke dalam salah satu zat gizi yang mau tidak mau harus anda dapatkan dalam setiap jenis makanan yang anda konsumsi setipa hari. Protein diartikan sebagai suatu kelompok makromolekul berbentuk senyawa asam amino yang memiliki fungsi untuk zat pendorong metabolisme dan zat pembangun tubuh. 

Protein merupakan senyawa organik komplek berbobot molekul besar yang terdiri dari asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Molekul protein mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor.

Diwajibkan kepada siapa saja baik laki – laki maupun perempuan, anak – anak hingga orang tua untuk selalu mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung protein serta jenis makanan yang mengandung zat gizi lainnya secara seimbang agar kondisi tubuhnya selalu berada dalam keadaaan sehat dan prima.
Ada beberapa manfaat dari makanan yang mengandung protein tersebut diantaranya adalah sebagai enzim, sebagai alat pengangkut dan penyimpan, untuk penunjang mekanis, sebagai pertahanan tubuh dan imunisasi pertahanan tubuh, sebagai media perambatan impuls syaraf, sebagai pengendalian pertumbuhan, membentuk jaringan pada tubuh dengan kandungan asam aminonya, mencegah penyakit kwashiorkor dan marasmus dan lain – lain. 

Sebagaimana kita tahu bahwa sumber protein terdiri dari dua yaitu protein hewani dan nabati. Sumber protein nabati atau sumber protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayur-sayuran, buah-buahan, atau kacang-kacangan. Sedangkan golongan kedua adalah sumber protein hewani atau summber protein yang berasal dari hewan. 

Jumlah kadar protein dalam tubuh manusia haruslah seimbang, Jika kita kekurangan protein maka akan menyebabkan mengalami penyakit kwashiorkor, pertumbuhan yang tidak sempurna, masalah pada kulit, biasanya menyebabkan albino, pencernaan kurang lancar dan lain – lain. Sementara jika anda kelebihan protein maka akan menyebabkan kelebihan berat badan, masalah ginjal, dehidrasi, kalsium tulang terkikis, masalah jantung dan lain – lain.

Nah, untuk lebih mengetahui tentang berbagai hal yang berkaitan dengan jenis makanan yang mengandung protein serta berbagai informasi lainnya tentang kesehatan, maka anda bisa mengunjungi website Sahabat Nestle yang bisa anda akses di alamat www.sahabatnestle.co.id

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top