Usia sekolah membuat anak harus lebih disiplin dan mereka dituntut bisa melakukan banyak hal. Salah satunya harus bisa membaca. Tapi, bagaimana bila anak Anda benci membaca atau sulit sekali bila disuruh membaca. Apakah anda akan memaksanya dengan melakukan sesuatu yang keras? Tentu itu bukan langkah yang tepat, Anda harus bisa menemukan cara edukasi anak agar mau membaca dengan tepat. 

Sebelum mulai mempraktikkan cara-cara edukasi anak untuk senang membaca, sebaiknya perhatikan dulu bagaimana asupan gizinya. Apakah mereka memang sudah mendapatkan gizi dan nutrisi yang tepat? Bila Anda merasa belum, maka penuhilah. Anda bisa mengandalkan Dancow untuk itu. Dengan terpenuhi nutrisi tersebut akan memberikan energi, semangat serta pikiran yang jernih. Sehingga, dia mau membaca dan menuruti apa yang Anda katakan. 

Sulit untuk mengetahui bagaimana bereaksi saat anak Anda membenci membaca. Bahkan lebih sulit lagi untuk memotivasi anak agar mau membaca. Cobalah langkah-langkah sederhana namun bermakna untuk membantunya mau membaca. Anda harus menemukan metode edukasi anak yang mudah dimengerti. Jangan menyamakan anak dengan yang lainnya, sebab setiap anak mempunyai cara pemahaman yang berbeda. Maka, bersabarlah. 

Sebelum Anda melakukan apapun, luangkan waktu dan periksa apa yang menarik minat anak Anda. Mengetahui apa yang menarik minatnya dapat membantu Anda menentukan jenis teks apa yang dapat ia sukai saat membaca. Misalnya, dia suka bermain puzzle, nah kaitkan hal-hal yang berhubungan dengan puzzle untuk membuatnya mau belajar membaca. Mungkin dengan mulai dari sejarah permainan puzzle. 

Belajar membaca bisa dilakukan dimana saja. Ketika, Anda mengajaknya berjalan-jalan, cobalah untuk mencari nama tempat favoritnya. Hal itu membuatnya mau tidak mau untuk membaca. Buatlah suatu permainan yang sangat seru sehingga, dia tidak sadar kalau itu belajar membaca. Mungkin dengan tebak kata atau yang lainnya. Hindari membentak-bentaknya, tapi ajarkan dengan lembut dan yakinkan dirinya jika dia pasti bisa.

Bila Anak Anda suka dengan video, carikanlah video yang mengajarkan tentang membaca yang menyenangkannya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa mendorong anak Anda untuk membaca. Selamat mencoba dan belajarlah menjadi orang tua yang baik.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top