Kulit kepala gatal

Ketombe bisa dikatakan sebagai masalah sederhana yang sangat menjengkelkan. Kulit kepala gatal yang disebabkannya membuat anda tidak nyamn. Berikut penyebab munculny ketombe;

  1. Faktor Kulit Kepala. Ketidaktahuan mengenai karakter dan kondisi kulit kepala bisa menyebabkan kelalaian dalam perawatan rambut dan kulit kepala. Sejatinya, setiap orang memiliki karakter kulit kepala yang berbeda, sangat penting untuk mengetahui karakter kulit kepala. Secara garis besar, terdapat tiga karakter kulit kepala, kulit kepala berminyak, kering dan sensitif. Ketiganya tentu saja memiliki penanganan atau perawatan yang berbeda. Hal itu dilakukan agar perawatan lebih efektif dan efisien.
  2. Suhu pada kulit kepala. Kelembaban merupakan musuh utama dari kesehatan kulit kepala dan rambut. Kelembaban bisa dipengaruhi banyak faktor, seperti halnya terlalu lama berada dalam kondisi panas atau di bawah terik matahari langsung. Selain itu suhu kepala anda menjadi abnormal apabila rambut yang masih basah dipakaikan penutup kepala. Hal ini berlaku pada anda yang memakai kerudung atau pun anda pengendara sepeda motor yang menggunakan helm. Setelah keramas, pastikan rambut kering terlebih dahulu sebelum menggunakan penutup kepala.
  3. Makanan. Pastikan untuk soal makanan, anda tidak kekurangan zat besi dan vitamin B. Keduanya merupakan nutrisi penting bagi kualitas rambut dan kulit kepala.
  4. Stres. Perubahan hormon saat mengalami stres bukan hanya merubah mood anda. Perubahan hormon saat stres pun berakibat pada kesehatan kulit kepala menjadi lebih rentan.
  5. Teknis perawatan. Dalam hal ini hendak dibahas mengenai kuantitas atau seberapa seringnya anda melakukan keramas. Diusahakan, bahwa waktu keramas anda teratur dan sesuai ketentuan yang dianjurkan. Jangan sampai keramas anda terlalu sering maupun terlalu jarang. Selain itu, teknis lain yang paling mempengaruhi ialah pengguanaan produk yang salah seperti halnya sering berganti-ganti. Terakhir, pastikan saat anda selesai keramas, tidak ada busa yang masih menempel di rambut karena bisa memperparah atau merusak kondisi kulit kepala dan rambut anda.

Dari kelima hal tersebut, kulit kepala gatal yang diakibatkan ketombe tidak akan menimpa lagi dan kulit kepala pun menjadi sehat.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top