Perpustakaan UI Menunjang Keberhasilan Pendidikan di UI
Menjelang akhir tahun pelajaran siswa kelas XII sedang gencar-gencarnya mempersiapkan diri untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UNBK. Selain itu mereka juga bersiap-siap mengikuti berbagai program untuk lolos ke perguruan tinggi negeri baik melalui jalur PMDK, Bidik Misi, atau pun SPMB. Untuk masuk ke perguruan tinggi lumayan membutuhkan persiapan yang matang mulai dari mental, kognitif, juga biaya. Salah satu perguruan tinggi yang menjadi incaran yaitu Universitas Indonesia. Universitas ini setiap tahunnya memiliki passing grate yang tinggi karena banyak peminatnya. Bagaimana tidak karena universitas ini tergolong universitas terbaik di Indonesia.

UI sebagai perguruan tinggi berplat merah ini mampu menelurkan pemikir-pemikir besar di Indonesia seperti Soemitro Djojohadikusumo, Sri Mulyani Indrawati, Rizal Ramli, Effendi Gazali, Selo Sumardjan, Koentjaraningrat, dan masih banyak yang lainnya. Hasil pemikiran dan penelitian mereka banyak dijadikan referensi untuk mendukung penelitian-penelitian lain. Maka tidak heran jika perpustakaan di UI termasuk perpustakaan terbesar di Asia Tenggara. Selain literaturnya yang lengkap, perpustakaan ini memiliki fasilitas yang lengkap pula. Perpustakaan ini sangat penting untuk mendukung keberhasilan para mahasiswa dalam menempuh pendidikan. Berikut beberapa kelebihan perpustakaan UI adalah:

Sistem informasi yang lengkap. Perpustakaan yang sebesar apa pun tanpa dilengkapi system informasi akan percuma saja karena pengunjung akan kebingungan untuk mencari literature secara cepat dan tepat. Tidak mungkin pengunjung harus mengelilingi perpustakaan seluas perpustakaan di UI. Oleh karena itu UI menyediakan system informasi yang dapat memudahkan pengunjung mencari literature yang dicari.

Tersedianya fasilitas internet dan hot spot. Ini bertujuan agar pengunjung mendapatkan informasi lain yang tidak terdapat di perpustakaan.

Koleksi buku yang paling lengkap. Di sini pengunjung akan mendapatkan buku yang mungkin di tempat lain tidak ada, misalnya buku hasil penelitian civitas UI yang tidak mungkin ada du luaran atau buku tua yang layak dijadikan untuk referensi dan sulit didapatkan di luar. Oleh karena itu banyak pengunjung yang datang dari luar kota yang bukan mahasiswa UI demi memburu buku yang jarang ada.

Itulah beberapa kelebihan perpustakaan UI yang dapat menunjang para mahasiswanya untuk tetap berprestasi. Dengan fasilitas ini, para mahasiswa dapat menggali ilmu sebanyak-banyaknya di luar perkuliahan. Tak perlu jauh-jauh untuk mencari literature karena semuanya tersedia di sini, malah banyak para mahasiswa dari perguruan lain yang sengaja datang ke sini. Dengan perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara ini menjadikan Universitas Indonesia menjadi Universitas terbaik di Indonesia.

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Top