Cara Mempersiapkan Diri Masuk Perguruan Tinggi
Mendambakan best university in Indonesia untuk tempat menuntut ilmu setelah lulus Sekolah menengah atas tentu hal yang sangat wajar bagi para siswa dan siswi yang dalam hitungan bulan akan menghadapi Ujian Nasional, hingga ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri. Apapun target universitas yang ingin di masuki jangan lupa untuk memahami bagaimana memilih universitas yang baik.

Tidak cukup hanya berangan-angan mendapatkan best university in Indonesia, namun harus ada strategi bagaimana memilih perguruan tinggi sehingga apa yang diinginkan dapat terwujud. Adapun cara mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi sehingga tidak terjebak dengan ikut-ikutan teman atau tergiur brosur adalah sebagai berikut ini :

Kenali minat dan kemampuan diri, kemudian pilih jurusan sesuai dengan kemampuan dan minatmu, jika tidak menyukai bahkan benci hal berbau sains tetapi memaksakan diri untuk masuk kedokteran misalnya, sesolah-olah pilihan bunuh diri. Ukur kemampuan diri, buat strategi saat mengikuti tes masuk perguruan tinggi dan masuki gerbang universitas dengan penuh tanggung jawab. 

Pilihlah perguruan tinggi berkualitas, baik negeri maupun swasta memiliki standard perguruan tinggi yang menjadi indikator kualitas baik secara umum maupun khususnya tiap jurusan yang ada dalam perguruan tinggi tersebut. Akreditasi menjadi tolak ukur kualitas PT, apakah terakreditasi A, B atau bahkan C. 

Finansial, biaya kuliah di perguruan tinggi perlu dipikirkan matang, biaya masuk, biaya semesteran hingga biaya hidup dari mulai makan, akomodasi hingga transportasi sampai pada hiburan dan jajan, juga biaya sewa kost jika memang hidup jauh dari keluarga. Beasiswa menjadi salah satu jalan untuk meringankan biaya kuliah, coba bidikmisi dari pemerintah jika ingin masuk perguruan tinggi negeri dengan beasiswa penuh, atau ikatan dinas juga dapat menjadi cara mendapatkan dana beasiswa bahkan akan langsung mendapatkan tempat kerja.

Jangan ragu untuk mencari informasi agar best university in Indonesiaakan didapatkan dengan cara mantap dan matang, seperti perguruan tinggi terbaik tanah air Universitas Indonesia yang menjadi incaran ribuan siswa lulusan SLTA. Maka cari infonya seputar UI di www.ui.ac.id. Selamat datang di dunia baru dunia mahasiswa.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top