Sarana dan Letak Geografis UI sangat Strategis
Keberhasilan suatu pendidikan biasanya ditunjang dengan fasilitas dan sarana yang lengkap. Seperti Universitas Indonesia yang menjadi Universitas terbaik Indonesia. Universitas ini memiliki sarana yang lengkap dari mulai fasilitas belajar sampai fasilitas umum. Kampus universitas Indonesia terletak di Salemba (Jakarta Pusat) dan Depok (Jawa Barat) yang keduanya memiiki letak yang strategis.

Kampus UI yang terletak di Salemba terdiri dari beberapa kampus yaitu Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan beberapa Program Pascasarjana Multidisplin, program Ekstensi dan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi, serta laboratorium Fakultas Teknik. Sisanya berada di daerah Depok sebagai kampus utama. Kampus UI yang berada di Depok memiliki luas sekitar 320 hektar dengan suasana green campus. Suasana ini sangat cocok untuk belajar. 

Sebanyak 25% lahan di UI digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. Sisanya sebanyak 75 % merupakan area hijau dengan wujud hutan kota yang di dalamnya 6 danau alam. Jika Anda berkunjung ke kampus ini hawa segar akan Anda rasakan dengan suasana yang hening jauh dari keriuhan dan polusi kendaraan bermotor. Sebagai universitas terbaik Indonesia, UI yang memiliki kampus utama Depok ini , terletak di perbatasan antara kota madya Jakarta Selatan dengan Kota Depok, Jawa Barat. Mayoritas fakultas terdapat di kampus ini seperti MIPA, 

Teknik, Psikologi, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Ilmu Administrasi, dan sejak tahun 2013 fakultas fakultas Kedokteran dan Kedokteran gigi telah pindah ke sini mulai dari urusan akademis sampai proses perkuliahaannya. Selain itu kampus ini mudah diakses karena dilewati oleh rel kereta rel listrik (KRL/commuter line) Jakarta-Bogor. Dengan adanya dua stasiun di lingkungan kampus yaitu stasiun UI dan stasiun Pondok Cina memudahkan para mahasiswa untuk mendapat layanan transportasi.

 Dengan dukungan sarana yang lengkap dan letak geografis yang tepat untuk tempat menimba ilmu, UI sangat layak mendapat gelar Universitas terbaik Indonesia karena semua indicator sebagai universitas terbaik dapat terpenuhi. Persaingan untuk mendapatkan kursi kuliah di UI nampaknya membutuhkan perjuangan yang sangat gigih. Dari tahun ke tahun pesingrid penerimaan mahasiswa baru di UI semakin meningkat. Sebagian besar mendambakan untuk kuliah di kampus kuning ini.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top