Kencur merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan sebagai bumbu memasak yang biasa anda gunakan sehari-hari. Selain itu, rempah-rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat yang bisa anda gunakan untuk kesehatan. Penggunaan rempah yang satu ini biasanya digunakan dengan beras untuk sebuah jamu yang biasanya dikonsumsi oleh banyak orang. Khasiat beras kencur untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kita. Bagi anda yang saat ini tengah membutuhkan referensi tata cara pembuatan jenis jamu yang satu ini, berikut ini akan saya paparkan beberapa langkah yang mudah dalam pembuatannya. Simak berikut pemaparannya:

1. Bahan-Bahan yang Diperlukan
Sebelum anda membuat jamu-jamu ini, langkah pertama yang perlu anda persiapkan adalah mempersiapkan bahan-bahan yang anda perlukan untuk pembuatannya. Beberapa bahan-bahan tersebut diantaranya seperti beras sebanyak 200 gram, kencur sebanyak 500 gram, 100 gram gula aren atau gula jawa, setengah sdt garam, cengkeh secukupnya, 200 gram gula pasir, kayu manis secukupnya dan 1 buah jeruk nipis. Selain itu, anda bisa mendapatkan madu sebagai bahan pelengkap yang juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa anda rasakan dan meningkatkan khasiat beras kencur ini menjadi semakin lebih maksimal.

2. Cara Pembuatan
Cara pembuatan beras kencur ini relatif mudah sekali untuk anda lakukan sendiri di rumah. Berikut akan saya paparkan beberapa cara pembuatannya: beras pertama-tama direndam terlebih dahulu selama 4 jam kemudian tiriskan. Kupas kencur kemudian bersihkan, tumbuklah beras bersama beberapa bahan lainnya seperti cengkeh dan kayu manis hingga hancur. Setelah hancur dan lembut rebuslah bersama bahan gula kemudian aduk selama 20 menit. Anda pun bisa menggunakan madu ketika perebusan tersebut. Setelah 20 menit, anda bisa mengangkatnya kemudian diminum selagi masih hangat.

Khasiat beras kencur ini tentunya sangat baik sekali untuk anda konsumsi secara rutin.Bahan-bahan yang anda gunakan pun bsia anda cari atau anda beli di berbagai tempat belanja yang kerap anda kunjungi. Semoga pemaparan di atas bisa anda jadikan sebagai referensi dan informasi seputar cara pembuatan jamu-jamu yang terbuat dari beras dan kencur.

Advertisement

 
Top