Istilah photobook kini sangat akrab di telinga. Photobook merupakan istilah terbaru dalam dunia perfotoan. Istilah tersebut dapat diartikan sebagai sejumlah foto yang didokumentasikan ke dalam suatu buku yang memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Photobook ini secara murni memberikan cerita tentang suatu kisah seseorang atau sekelompok orang yang terdapat pada foto tersebut. Sebagai contoh ketika sebuah keluarga mengadakan perjalanan wisata ke suatu tempat. Maka, diambilah gambar – gambar dari tahap persiapan keberangkatan, pemberangkatan, acara di tempat wisata, hingga pulang dan sampai kembali di rumah. Apabila foto – foto tersebut dicetak dan dijadikan sebuah buku, maka itulah yang disebut photobook. Keberadaan photobook sangatlah menyenangkan, sebab suatu waktu bisa menjadi saksi kebersamaan dan kebahagiaan yang sangat mengesankan serta patut dirindukan.


Berkenaan dengan hal tersebut, penting untuk memerhatikan banyak hal berkenaan dengan photobook ini. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah foto yang digunakan untuk photobook adalah kertas. Salah satu jenis kertas yang dapat dipilih adalah kertas cotton rag paper. Kertas ini disebut juga kertas fineart paper. Kertas yang dibuat dari bahan katun ini cocok untuk digunakan pada photobook. Jenis kertas ini cenderung lebih kaya tekstur dibandingkan dengan kertas inkjet dan tentunya lebih tahan lama. Selain itu, dengan menggunakan kertas ini akan mendapatkan kesan mewah sebab dari segi ukuran cenderung lebih tebal dari pada kertas foto biasa. Di sisi lain, kertas ini pun memiliki kualitas yang lebih baik dengan warna dan kontras yang lebih tinggi. Kertas ini sangat cocok untuk digunakan pada galeri seni maupun pameran.

Dengan demikian, photobook merupakan salah satu karya yang berasal dari seluruh kumpulan potret objek suatu masa tertentu yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Merujuk pada hal tersebut, tentunya penting untuk memerhatikan jenis kertas yang baik digunakan dalam membuat photobook. Salah satu jenis kertas yang dapat digunakan adalah kertas cotton rag paper. Kertas ini sangat baik digunakan untuk photobook disebabkan memiliki banyak keunggulan apabila dibandingkan dengan jenis kertas lainnya.

Advertisement

 
Top