Buah hati merupakan sebuah anugerah terindah yang diberikan Sang Pencipta kepada setiap keluarga. Hadirnya seorang anak tentu membuat suasana rumah menjadi lebih ceria dan berwarna. Namun memiliki anak saja tentu tidaklah cukup karena anak merupakan titipan dari Sang Pencipta. Oleh karena itu, sebagai orang tua sudah kewajibannya untuk merawat serta mendidik sang buah hati dengan baik. Agar anak tumbuh kembang dengan baik maka orang tua harus merawat dan mendidiknya dengan baik dan benar. Cara mendidik anak dengan baik dan benar tentu harus dipahami oleh setiap orang tua agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik.


Sebagian orang tua biasanya telah merasa cukup dengan memasukannya ke PAUD atau tempat belajar lainnya. Padaha hal tersebut tentu tidak cukup, karena pendidikan utama anak justru harus berasal dari orang tuanya sendiri. Berikut cara mendidik anak dengan baik. Antara lain:

Ajarkanlah kemandirian dan tanggung jawab sejak usia dini. Sebagai orang tua sebaiknya bisa lebih percaya pada anaknya dan jangan terlalu mengkhawatirkannya. Cobalah anak melakukan aktivitas sendiri namun tetap dengan bimbingan dari orang tua.

Tingkatkan rasa ingin tahu sang anak. Anak tentu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, oleh karena itu gali lah potensi anak sejak dini, dan kembangkan rasa ingin tahu anak.

Ajarkanlah keberanian mengungkapkan pendapat pada anak. Ajarkan anak agar berani mengungkapkan pendapatnya dengan baik. Ajarkan cara mengungkapkan pendapat dengan baik, sopan, dan santun.

Tumbuhkanlah anak rasa sosial, simpati, dan empatiterhadap orang lain. Mulai dari kecil ajarkanlah berbuat baik pada orang lain.

Berilah contoh yang baik pada anak karena anak cenderung meniru orang tuanya.

Itulah beberapa cara mendidik anak dengan baik dan benar. Dalam mendidik anak, yang terpenting adalah keikutsertaan orang tua. Usahakan agar kita tidak lepas tangan dalam mendidik anak.untuk informasi mengenai berbagai kebutuhan sang anak, mendidik anak, atau informasi seputar bunda dan anak, anda dapat mengunjungi www.dancow.co.id/.

Advertisement

 
Top