Membeli rumah sendiri sangat diinginkan banyak orang. Tetapi biasanya yang menjadi masalah adalah tentang persoalan biaya. Tidak banyak pasangan baru yang mempunyai cukup dana untuk membeli rumahnya sendiri, biarpun sudah menabung. Jika demikian, membeli rumah dengan mengajukan kredit ke bank biasanya bisa menjadi solusi. Membayar bunga KPR pun bisa disiasati dengan bijak jika Anda bisa mengatur keuangan.

Sebelum Anda mengajukan permohonan kredit rumah ke bank, ada baiknya Anda mengenali jenis bunga pinjaman KPR berikut ini, yang didasari perhitungan bayar bunganya:

1. Bunga Flat
Bunga dihitung dari nilai awal hutang. Misalnya, Anda meminjam Rp500 juta dengan bunga 10% dalam jangka waktu 5 tahun. Bunga 10% itu tidak akan berubah bahkan setelah tahun ketiga. Sudah jarang dipakai.
2. Bunga Efektif
Dihitung dari sisa utang pokok, sehingga tiap bulan, total bunga yang harus dibayar akan turun.
3. Bunga Anuitas
Mirip dengan bunga efektif, hanya saja bila total angsuran bunga efektif per bulan selalu turun, di bunga anuitas. Sekarang ini paling sering dipakai oleh bank.

Mana pun jenis bunga KPR yang akan Anda pilih, pastikanlah bahwa Anda mampu untuk mengangsur tiap bulannya sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari. Jika Anda merasa keberatan dengan bunga yang tinggi, maka Anda bisa memanfaatkan KPR Sejahtera dari BTN. Bekerja sama dengan pemerintah, BTN menawarkan suku bunga yang rendah dan juga cicilan yang ringan.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top