Sebuah tradisi adat Sunda yang sekarang ini sudah mulai hilang yaitu budak angon. Istilah budak angon yaitu seseorang anak laki-laki yang kerjanya mencari pakan ternak dengan menggembala kambing atau kerbau di padang rumput. Sejalan dengan perkembangan zaman yang modern dan mungkin bukan musimnya. Sekarang anak-anak banyak bermain dengan tekhnologi baru atau kegiatan ekskul di sekolahnya sepulang sekolah. Hal tersebut memang menunjukkan kemajuan pada generasi sekarang ini.

Berbeda dengan zaman sekarang, pada zaman dahulu anak-anak yang berusia 9 tahun ke atas memiliki tanggung jawab untuk mengurus kambing miliknya supaya berkembang biak dan bisa dijadikan modal untuk membayar sekolah. Mencari pakan ternak merupakan tugas rutin yang harus selalu dilakukan tanpa tidak karena kalau tidak maka kambing tidak akan makan. Jika ada waktu senggang, kambing dibawa ke lapangan yang ada rumputnya biar tidak terlalu boros pada pakan yang disediakan dik andang.
Kegiatan menggembala tersebut bukanlah merupakan kegiatan yang menyiksa anak, tapi merupakan kegiatan yang mendidik anak supaya anak memiliki tanggung jawab serta memiliki kemauan untuk sekolah dan yang paling penting supaya anak memiliki kemauan untuk maju supaya tidak merasakan rasa capai seperti yang dialaminiya. Sebenarnya tidak terlalu berat, hanya membawa kambing ke tegalan dan membiarkannya makan. Tidak ada yang memberatkan atau merusak fisiknya, hanya saja mengurangi waktu istirahatnya karena dilakukan setelah pulang sekolah sampai sore.

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top