deposito syariah

Salah satu alasan penting saat seseorang melakukan investasi adalah adanya keinginan agar uang bekerja untuk mereka. Ada harapan agar uang yang telah diinvestasikan, dapat menghasilkan sesuatu tanpa harus mereka berat-berat bekerja. Hanya saja, melakukan investasi bagi seorang muslim saat ini sangat perlu berhati-hati. Salah-salah akan terjerat riba seperti kebanyakan investasi konvensional saat ini. Menilik permasalahan inilah, saat ini ada banyak investasi syariah yang disesuaikan dengan ajaran Islam. Beberapa investasi yang berbasis syariah yang telah banyak diketahui adalah deposito syariah, reksadana syariah, saham syariah dan emas.

Jenis-jenis Investasi Syariah

Dalam agama islam sendiri, melakukan investasi adalah hal yang dianjurkan. Hal ini berguna  untuk mendapatkan jaminan keuangan di kemudian hari. 

Hanya saja, melakukan investasi pada penyedia keuangan konvensional sangat berbeda jauh dengan sistem yang digunakan pada investasi syariah. Perbedaan mendasar yang sudah banyak orang ketahui adalah pada investasi syariah ada sistem bagi hasil. Yang bukan hanya memberikan keuntungan kepada pemegang saham sistem keuangan, tetapi juga nasabah yang menggunakan produk keuangan ini.

deposito syariah

Seperti yang telah dikatakan di atas, ada beberapa jenis investasi syariah yang telah dikenal banyak masyarakat, yaitu:

Deposito Syariah

Seperti namanya, deposito syariah sistemnya tidak jauh berbeda dengan deposito konvensional. Nasabah menanamkan sejumlah uang pada jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan dan sesuai kesepakatan. Hanya saja, dalam memperoleh keuntungan dari deposito ini, jika investasi konvensional menawarkan bunga, maka dalam sistem syariah, disepakati akad mudharabah dan nisbah atau bagi hasil. Untuk setiap kesepakatan nisbah, untuk setiap bank biasanya berbeda-beda. 

Misalnya saja seperti deposito syariah Bank Danamon yang menawarkan bagi hasil keuntungan sangat tinggi kepada nasabahnya. Yakni 70:30. 70 persen keuntungan untuk nasabah dan 30 persen keuntungan untuk bank. Tentu saja hal ini begitu menggiurkan, bukan?

Reksadana syariah

Investasi reksadana syariah menjadi investasi yang difavoritkan untuk saat ini bagi investor pemula. Mereka hanya tinggal menyerahkan sejumlah dana untuk dikelola oleh para pialang, agar diinvestasikan pada produk-produk yang dikelola secara syariah. 

Saham syariah

Menurut pengertiannya, saham syariah adalah surat berharga dengan penyertaan modal, dengan sistem bagi hasil dan dikelola sesuai prinsip syariah. Layaknya saham konvensional, keuntungan yang diperoleh oleh para investor tergantung pada resiko yang diambil. Bisa lebih besar sahat nilai saham naik, dan juga lebih kecil ketika harga saham menurun. 

Emas

Berbeda dengan ketiga investasi di atas, bentuk investasi ini ada barang nyatanya. Siapapun bisa melakukannya, bahkan tanpa berbekal keilmuan atau pengetahuan sedikitpun. Jenis investasi ini sudah dilakukan turun temurun dan termasuk jenis investasi terlama. 

Setelah mengetahui beberapa jenis investasi syariah di atas, mulai dari emas hingga deposito syariah, kira-kira Anda tertarik melakukan investasi apa?

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top